PERTANIAN ORGANIK(?)


pertanian organik adalah pertanian yang perlakuan budidaya atau teknik budidayanya tidak menggunakan pupuk an-organik(kimia). Dalam pertanian ini hanya menggunakan pupuk organik. maka dari hal tersebut akan ada pertanyaan apakah pertanian organik dapat di lakukan dan apakah dapat menghasilkan produksi yang tinggi?

dalam hal ini pertanian organik adalah suatu hal yang sulit di lakukan karena kebanyakan masyarakat di indonesia selaku petani lebih memilih menggunakan pupuk an-organik dari pada organik. pertanian orgaik
dapat di lakukan tetapi produktifitas dan waktu akan bertambah lama. mereka lebih memikirkan hasil dan tidak memperhitungkan dari bahaya yang di timbulkan oleh pupuk kimia yang berdampak pada lingkungan(tanah).
dalam pennelitian yang sudah di lakuakan terhadap tanah/lahan menggunakan pupuk kimia kebanyakan tanah mengandung unsur P(fosfor). padahal bila hal ini terus di lakukan maka kesuburan tanah akan berkurang dan tanah lama-kelamaan menjadi keras.
kita akan melihat dari kebutuhan tanaman. kebutuhan tanaman untuk memenuhi akan unsur N, P, dan K bahan organik hanya mampu mensuplai maksimal 5% dari 100% kebutuhan tanaman sehingga di butuhkan bantuan dari pupuk an-organik. kurang bijaksana bila tanaman akan tinggi produktifitas dan bagus pertumbuhannya hanya menggunakan pupuk organik dan kurang bijaksana juga bila kita melarang menggunakan pupuk an-organik . Untuk menanggulangi dari efek buruk yang di timbulkan oleh pupuk an-organik maka pupuk organik ini juga di pergunakan sebagai pecerna yang menghancurkan dari efek buruk dari pupuk kimia ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORGANISME PENGANGGU PADA TANAMAN PADI DAN CARA PENGENDALIANNYA

UPACARA ADAT JAWA BEKAKAK GAMPNG YOGYAKARTA

MENANAMKAN RASA NASIONALISME